Pages - Menu

Sabtu, 16 Januari 2016

Penyakit Kulit

PENYAKIT KULIT
Perawatan, Pencegahan dan pengobatan



A.    PENGERTIAN KULIT
Kulit adalah lapisanlapisan jaringan yang terdapat pada di seluruh bagian permukaan tubuh. Pada permukaan kulit terdapat kelenjar keringat yang dapat mengeksresi  zat-zat sisa yang dikeluarkan melalui pori-pori kuli berupa keringat. Kulit juga merupakan salah satu alat indra yaitu indra peraba karena di seluruh permukaan kulit tubuh dapat terdapat saraf peraba.
B.     FUNGSI KULIT
Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh sehungga berperan sebagai pelindung tubuh dari kerusakan atau pengaruh lingkungan yang buruk. Ada beberapa fungsi kulit lainnya, diantaranya:
1.      Kulit sebagai pelindung
Kulit akan melindugi tubuh bagain dalam dari kerusakan akibat gesekan, tekanan, tarikasn saat melakukan berbagai aktifitas. Kulit juga menjaga dari berbagai gangguan mikrobiologi seperti jamur dan kuman, melindungi tubuh dari serangan zat-zat kimia dari lingkungan yang polusif. Selain itu kulit juga melindungi jaringan terhadap kerusakan kimia dan fisika, terutama kerusakan mekanik dan terhadap masuknya mikrokoorganisme.
2.      Fungsi absorpsi
Kemampuan absorpsi kulit di pengaruhi oleh tebal tipisnya kulit, hidrasi, kelembaban, metabolisme dan jeis vehikulum. Penyerapan dapat berlagsung melalui celah anatar sel atau melalui muara saluran kelenjar tetapi lebih banyak yang melalui sel-sel epidermis dari pada yang melalui muara kelenjar.
3.      Kulit sebagai fungsi ekskresi
kulit memounyai fungsi sebagai tempat pembuangan suatu caran yang keluar dari dalam tubuh berupa keringat degan perantara dua kelenjar kringat yaitu: kelenjar sebasea dan kelenjar keringat.
4.      Fungsi presepsi
Kulit mengandung saraf sensorik di dermis dan subkutis. Terhadap rangsangan panas diperankan oleh badan-bdan ruffini di dermis dan subkutis. Terhadap rangsanga dingin diperankan badan-badan Krause yang terletak di dermis
5.      Kulit sebagai pengaturan suhu tubuh (termoregulasi)
Kulit berkontribusi terhadap pengaturan tubuh (termoregulasi) melaui dua cara: pengeluaran keringat dan menyesuaikan aliran darah di pembuluh jumlah banyak serta memperlebar pembuluh dara (vasodilatasi) sehingga panas akan terbawa keluar oleh tubuh. Sebaliknya pada saat suhu rendah, tubuh akan mengeluarkan lebih sedikit keringat dan mempersempit pembuluh dara (vasodilatasi) sehingga mengurangi pengeluaran panas oleh tubuh.
6.      Kulit sebagai pembentuk vitamin D
Sintesis vitamin D dilakukan mengaktivasi prekursor 7 dihidroksi kolestrol dengan bantuan sinar ultraviolet. Enzi dihati dan ginjal lalu memodifikasi prekursor dan menghasilkan calcitriol, bentuk vitamin yang aktif.
7.      Kulit sebagai tempat penyimpanan
Kulit dapat menyimpan didalam kelenjar lemak. Fungsi kulit dan jaringan bagian bawah bekerja sebagai tempat penyimpanan air. Jaringan  adipose dibawah kulit sebagai penyimpanan lemak. Cadangan lemak dapat dibakar  sehingga menghasilkan panas dan energy untuk mengatasi udara dingin.
8.      Kulit sebagai alat peraba
Kulit sebagai alat peraba dilengkapi dengan reseptor untuk rasa sakit ujungnya menjorok masuk ke daerah epidermis. Reseptor untuk tekanan, ujungya berda di dermis yang jauh dari epidermis. Pada lapisan kulit dermis terdapat kumpulan saraf yang dapat menangkap rangsangan berupa suhu, nyeri dan tekanan. Rangsangan tersebut akan disampaikan dari kulit ke otak sebagai pusat iformasi sehingga kita dapat mengetahui yang kita sentuh. Reseptor untuk rangsang sentuhan dan panas, ujung reseptor terletak di dekat epidermis.
9.      Kulit untuk peunjang kecantikan
Fungsi yang terkait dengan kecantikan yaitu keadaan kulit yang tampak halus, putih dan bersih akan dapat menunjang penampilan. fungsi lain dari kulit yaitu kulit dapat mengekspresikan emosi seseorang seperti kulit memerah, pucat maupu  kontarksi otot penegak rambut.

C.     JENIS-JENIS KULIT
Jenis-jenis kulit manusia diantaraya:
ü  Kulit berminyak
ü  Kulit kering dan dehidrasi
ü  Kulit kombinasi
ü  Kulit sensitive
ü  Kulit normal

D.    NUTRISI UNTUK KULIT SEHAT
1.      Vitamin A
Merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak. Berperan penting dalam pembentukan sistem penglihatan. Fungsi dari vitamin A diantaranya:
v  Menjaga kesehatam mata
v  Mencagah terjadinya kangker
v  Mencegah infeksi
v  Produksi vitamin A dapat mengencangkan kulit
v  Diperlukan untuk ibu hamil
Penyakit akibat kekurangan vitamin A:
v  Hemeralopia
v  Bintik pitot
v  Keratomalasi
v  Seroftalmia
v  Frinoderma
v  Pendarahan pada selaput usus
v  Proses pertumbuhan berhenti

2.      Vitamin B
Vitamin B atau yang lebih dikenal dengan B kompleks adalah vitamin yang penting untuk retensi kelembapan di kulit. Jenisnya-jenisnya ada 8 diantaranya:
v  Vitamin B1
v  Vitamin B2
v  Vitamin B3
v  Vitamin B5
v  Vitamin B6
v  Vitamin B7
v  Vitamin B9
v  Vitamin B12
3.      Vitamin C
Meruapakan agen detoksifikasi yang sangat baik, mampu bilas racun dan radikal bebas dari tubuh, sehingga mempertahankan elastisitas kulit. Hal ini meningkatkan produksi kolagen dan pembentukan jaringan baru. Semua proses ini di perlukan kulit terus-menerus.
4.      Vitamin D
Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak. Nama lainnya adalah kalsiferol. Vitamin D dikenal ada 4 jenis yaitu vitamin D1, D2, D3 dan D4.
5.      Vitamin E
Vitamin E adalah vitamin yang paling penting dalam menyegarkan kulit, membuat kulit lembut dan letur. Vitamin ini terdapat pada almond, walnut, kacang, zaitun, dll.
6.      Vitamin K
Salah satu vitamin yang paling efektif untuk menigkatkan elastifitas kulit adalah vitamin K. vitamin ini juga digunakan sebagai pengobatan yang efektif untuk penyembuhan psuedoxanthoma elasticum. Vitamin ini terdiri dari 3 jens yaitu vitamin K1, K2, K3 yang mengatur aliran darah yang selanjutnya memberikan nutrisi pada kulit, selain itu menaikkan elastifitas kilit, juga membantu menghilangkan keriput.

PENYAKIT KULIT DAN CARA PENANGGULANGANNYA
A.    PENYEKIT KULIT AKIBAT GANGGUAN INFLAMASI
Jenis penyakit kulit ini kebanyakan kondisinya jangka panjang, menyebabkan kemerahan, pembengkakan, lesi dan plak pada kulit, kulit meradang, melepuh dan berisi cairan. Biasanya menimbulkan rasa gatal. Jenis-jenis penyakit kategori ini yaitu:

1.      Eksim/ Dermatitis
Eksim atau dermatitis adalah istilah kedokteran untuk kelainan kulit yang mana kulit tampak meradang dan iritasi. Peradangan ini bisa terjadi dimana saja namun yang paling sering terkena adalah tangan dan kaki. Jenis eksim yang sering di jumpai adalah eksim atopik atau dermatitis atopik. Namun ada 4 jenis eksim selain yang di kenal yaitu:

1.      Eksim statis
2.      Eksim nummular
3.      Eksim atopic
4.      Eksim kontak
a.       Hal yang harus dihindari
·         Tekanan
·         Perubahan suhu atau kelembaban
·         Bakteri infeksi kulit
·         Kontak dengan jaringan yang bersifat iritan
b.      Pengobatan
Untuk pengobatan penyakit eksim ini terdapat dua kategori:
v  Dengan resep obat dokter
Krim atau salep kortikosteroid sperti hidrokortison, betametason, desonide, mometasone, triamcinolone dapat mengurangi ruam dan eksim untuk mengendalikan gatal-gatal
v  Secara alami/herbal
Bahan alami yang digunakan untuk meredakan peradangan adalah rimpang jahe dan lobak.
c.       Pencegahan
Menghindri kulit kering dapat menjadi fakor untuk membantu mencegah serangan penyakit eksim. Beberpa cara untuk membantu dalam pencegahan penyakit kulit diantaranya:
v  Mengurangi frekuensi mandi
v  Menggunakan air hangat untuk mandi
v  Hindari penggunaan sabun pada daerah yang terkena eksim
v  Hindari kontak dengan kain tau selimut yang terbuat dari wol
v  Manghindari maknan yang alergi
v  Jangan mengguanakan sabun atau deterjen yang keras
v  Meperhatikan obat dan kosmetik
v  Jaga keseimbangan berat badan
v  Tidak menggaruk kulit yang sakit

2.      Psoriasis
Psoriasis ialah sejenis penyakit kulit yang penderitanya mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat. Kemunculan penyakit ini terkadang untuk jangka waktu lama atau timbul, hilang. Penyakit ini secara klinis sifatnya tidak mengancam jiwa dan tidak menular tetapi karena timbulnya dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja sehingga dapat menurunkan kualitas hidup serta mengganggu kekuatan mental seseorang bila tidak di rawat dengan baik.
a.       Jenis-jenis psoriasis
v  Psoriasis guttate
v  Psoriasis kukyu
v  Psoriasis plak
v  Psoriasis inverse

b.      Pemicu psoriasis
v  Garukan/ gesekan dan tekanan yang berulang-ulang
v  Obat telan tertentu antra lain obat anti hipertensi dan antibiotic
v  Mengoleskan obat terlalu keras bagi kulit
v  Sedang mengalami infeksi saluran nafas bagian atas
v  Memakan kalori yang sangat tinggi
c.       Pengobatan
Pengobatannya dapat dilakukan dengan dua cara:
v  Melalui kedokteran
Bisa menggunakan sale poles (topical), obat telan (sismetik) atau dapat dengan penyinaran sinar UVB.
v  Secara tardisional
Secara tradisional dengan gamat/teripang yang kaya akan kolagen dan gamapeptide.
d.      Pencegahan
a.       Jauhkan pikiran kita dari stress, percaya diri dan tetap semangat
b.      Jaga pola makan yang teratur
c.       Tidur yang teratur
d.      Konsumsi makanan yang bergizi
3.      Jerawat
Jerawat adalah suatu keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat sehingga meimbulkan kantung nanah yang meradang.
a.       Penyebab jerawat
v  Produksi minyak berlebihan
v  Adanya sumbatan lapisan kulit mati pori-pori yang terinfeksi
v  Bakteri
v  Kosmetik
v  Obat-obatan
v  Telpon genggam
v  Stress
v  Faktor genetic keturunan orang tua
v  Faktor hormone seperti pada saat pubertas menginjak belia
v  Adanya iritasi kulit
v  Pil KB
b.      Gejala jerawat
v  Jerawat yang tidak meradang
Adanya benjolan di permukaan kulit atau tekstur kulit tidak merata
Kulit terasa kasar
v  Jerawat yang meradang
Kulit terlihat kemerahan dan meradang
Terjadi pembengkakan
Iritasi kulit
c.       Jenis-jenis jerawat
v  Jerawat biasa
v  Komedo
v  Jerawat radang
v  Jerawat konglobata
v  Jerawat dada dan punggung
v  Jerawat berdasarkan lesinya
v  Jerawat medicametosa
v  Jerawat neonatorium
v  Jerawat rosacea
d.      Cara mengatasi jerawat
v  Kulit wajah harus selalu bersih saat beristirahat di rumah
v  Jangan memecahkan jerawat dan jangan sering di sentuh
v  Hindari pemakaian kosmetika rias saat tidur

B.     PENYAKIT KULIT DI AKIBATKAN KARENA VIRUS
1.      Cacar air
Merupakan sauatu penyakit yang menular yang disebabkan oleh infeksi virus varicella zoster.
2.      Campak
Merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus morbillivirus yang sangat menular untuk manusia.
3.      Herpes zoster
Herpes zoster adalah jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh virus varisela-zoster yang menetap laten di akar saraf.
C.     KANKER KULIT
Merupakan pertumbuhan sel-sel kulit pada abnormal
a.       Pengobatan
v  Pengobatan operasi
v  Kemoterapi
v  Radioterapi
v  Pengobatan minimal invasive
D.    PENYAKIT KULIT YANG DIAKIBATKAN OLEH INFEKSI JAMUR
1.      Panu
Panu adalah penyakit kulit yang menyerang manusia yang disebabkan oleh jamur.
2.      Kudis
Kudis adalah kondisi kulit yang terasa sangat gatal akibat tungau keci yang disebut dengan sarcoptes scabiei
3.      Kurap
Kurap adalah salah satu penyakit kulit yang menular disebabkan oleh fungi.
4.      Ketombe
Ketombe adalah penglupasan kulit mati yang berlebiahan di kulit kepala

E.     PENGOBATAN PENYAKIT KULIT
1.      Melalui obat
a.       G-heksaklorsiklehoksana, pyrethroida, benzilbenzoat\
b.      Ditranol
c.       psoralen


PENERBIT : AYU MAHARANI

Daftar pustaka
Maharani, Ayu.2015.penyakit kulit perawatan,pencegahan, pengobatan.yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar